Liburan Edukasi Lombok

Jika biasanya Pulau Lombok terkenal dengan destinasi wisata yang romantis, yang dihiasi dengan hamparan pantai nan indah dan unik.Artikel kali ini menginformasikan tentang wisata edukasi Lombok tepatnya di Banyumulek.

Banyumulek merupakan suatu desa di Kabupaten yang menjadi pusat pembuatan gerabah.Gerabah adalah sebuah benda yang dibuat dari tanah liat kemudian dibentuk dan diolah sedemikian rupa dengan berbagai macam bentuk.Pada umumnya,gerabah yang dihasilkan oleh kawasan Banyumulek ini sangat terkenl dengan bentuk vas berukuran besar,yang dapat digunakan sebagai hiasan di dalam ataupun di luar rumah.Selain bentuk vas,gerabah ini juga sering dibentuk berupa kendi (tempat air minum dari tanah liat) dengan berbagai ukuran.

Namun,seiring dengan perkembangan zaman, para pembuat gerabah di Banyumulek mulai berinovasi dengan menambahkan anyaman rotan di beberapa sisi gerabah.Kemudian,gerabah dibuat dengan berbagai macam bentuk mulai dari peralatan makan seperti gelas,piring,nampan,tatakan gelas ,dan lain sebagainya.Selain menggunakan anyaman rotan, kolase kulit telur pada gerabah juga dilakukan oleh mereka  dengan kombinasi corak-corak khas Lombok.

Tempat pembuatan gerabah di Banyumulek juga memberi kesempatan kepada para pengunjung yang ingin melihat langsung cara pembuatannya.Mulai dari membentuk tanah liat,menjemur,proses pembakar,hingga finishing.Para wisatawan juga dapat membeli gerabah disana sebagai oleh-oleh dari Pulau Lombok.Sehingga destinasi wisata Banyumulek ini sangat cocok untuk segala usia,khususnya bagi kalian yang gemar mengoleksi gerabah ataupun kalian yang ingin mengajak buah hati untuk berlibur sambil belajar.Ayo!!! tunggu apalagi !! Ayo ke Lombok !!!!!!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top